Cara Membuka Kunci Pola HP Oppo yang Lupa Password Dan PIN


Bingung punya HP Oppo tetapi tidak bisa menggunakannya karena lupa password? Jangan panik, lebih baik Anda tidak perlu berspekulasi terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa cara membuka kunci hp oppo yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kekhawatiran Anda. Dengan kata lain, HP Anda tersebut masih ada harapan untuk bisa sembuh kembali.

Password dan PIN memang menjadi salah satu fitur keamanan yang sangat berguna untuk menjaga data, pesan dan apapun itu yang berada di dalam HP. Anda sudah benar ketika mengaktifkan fitur keamanan tersebut. Tetapi apabila Anda lupa dengan password maupun PIN yang Anda set sebelumnya, maka Anda harus ikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuka Kunci HP Oppo dengan Beberapa Metode


Seperti yang disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa metode yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi permasalahan lupa password dan PIN. Langsung saja, berikut ketiga metode tersebut.

1.     Metode Lupa Password
Metode yang pertama adalah metode lupa password. Artinya, Anda bisa membuka kembali HP Oppo Anda ketika penyebab masalahnya adalah Anda lupa password. Di dalam HP Oppo, terdapat menu atau fitur lupa password yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

-       Dalam posisi HP Oppo terkunci, aktifkan data melalui bilah notifikasi. Anda mungkin tidak bisa melakukan langkah ini di HP lain, tetapi di HP Oppo Anda bisa melakukannya.
-       Di layar, akan muncul tulisan “Forgot Password/Pattern?”, klik menu tersebut. Menu di atas biasanya berada di layar bagian bawah, tetapi beberapa seri ada yang terletak di bagian kanan atau kiri layar.
-       Langkah selanjutnya adalah login dengan menggunakan akun Google yang dahulu pernah Anda gunakan untuk login di HP Oppo yang sedang terkunci tersebut.
-       Perlu Anda perhatikan bahwa Anda tidak boleh sembarangan menggunakan akun Google milik Anda. Meskipun Anda memiliki beberapa akun Google yang aktif, pastikan hanya menggunakan akun Google yang pernah login di HP Oppo tersebut.
-       Selesai, HP Oppo Anda akan terbuka dan Anda bisa menggunakannya kembali. Selamat, Anda bisa kembali menggunakan HP Anda tanpa harus khawatir karena lupa password.

Metode Panggilan Telepon
Cara membuka kunci HP Oppo yang kedua adalah dengan metode panggilan telepon. Kalau Anda memiliki masalah ketika menggunakan metode pertama, Anda bisa menggunakan metode yang kedua ini. Tetapi, untuk cara yang kedua ini Anda harus membutuhkan satu buah HP lagi sebagai HP pembantu. Berikut langkah-langkah untuk melakukan metode yang kedua ini.

-       Pastikan HP pembantu memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan. Beberapa provider memberikan ketentuan pulsa minimum agar panggilan bisa dilakukan dan masuk ke nomor tujuan.
-       Panggil nomor HP Oppo Anda menggunakan HP pembantu tersebut.
-       Pada HP Oppo Anda, akan muncul tampilan panggilan masuk. Anda tidak perlu mengangkat panggilan tersebut, cukup ikuti langkah selanjutnya di bawah ini.
-       Segera tekan menu Home, kemudian pilih menu Setting.
-       Setelah masuk ke menu Setting, aktifkan data. Dengan mengaktifkan data, maka HP Oppo Anda sudah bisa digunakan untuk masuk ke koneksi internet.
-       Langkah selanjutnya adalah login menggunakan akun Google Anda. Langkah ini kurang lebih sama dengan langkah pada metode pertama di atas. Pastikan Anda login dengan akun Google yang benar.
-       Setelah berhasil login, maka Anda akan sudah bisa membuka kembali HP Oppo Anda. Mudah, bukan? Kalau sudah berhasil masuk ke menu utama, jangan lupa untuk mengembalikan HP pembantu ke pemiliknya ya.

3.     Metode Recovery Reset
Metode yang ketiga bernama metode recovery reset. Biasanya, seseorang akan menggunakan cara lain apabila setelah menggunakan cara pertama dan kedua tetapi masih sama saja. Untuk Anda ketahui, metode yang ketiga ini adalah metode yang paling ampuh, akan tetapi juga metode yang paling berisiko. Risiko yang harus Anda terima adalah hilangnya data di dalam HP.
Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

-       Pertama, matikan terlebih dahulu HP Oppo Anda.
-       Tekan dan tahan tombol power dan volume ke bawah. Biasanya, setelah ditekan dan di tahan beberapa saat, HP Oppo akan bergetar dan menyala.
-       Setelah menyala, HP Oppo tidak menyala seperti biasanya karena akan masuk ke menu recovery mode. Pada menu ini Anda akan melakukan recovery data termasuk password yang Anda lupa.
-       Navigasi untuk mengoperasikan menu tersebut adalah menggunakan volume up untuk geser ke atas, volume down untuk geser ke bawah dan tombol power untuk memilih menu.
-       Menggunakan navigasi di atas, pilih factory data reset untuk mereset data termasuk password yang Anda lupa. Kalau Anda baru pertama kali menggunakan menu ini, sebaiknya Anda melakukannya hati-hati agar tidak salah memilih menu.
-       Lalu, pilih “Delete All User”
-       Proses recovery akan membutuhkan beberapa saat, tunggu sampai selesai.
-       Setelah proses recovery selesai, HP Oppo Anda akan mati dan hidup kembali dan akan muncul menu Home tanpa Anda harus memasukkan password.

Mengamankan data HP merupakan hal yang sangat penting terlebih untuk data maupun file rahasia. Kalau Anda mengalami masalah keamanan seperti lupa password atau PIN, segera tenangkan diri Anda dan lakukan salah satu dari tiga metode di atas untuk membuka kembali HP Oppo Anda. Dengan langkah-langkah yang benar, maka semua masalah bisa di atasi.


0 Response to "Cara Membuka Kunci Pola HP Oppo yang Lupa Password Dan PIN"

Posting Komentar